Pospapua.com
ilustrasi google play store. (foto : istimewa)
Lifestyle

Google Play Store Hapus Dua Aplikasi Android “Sampah”

Oleh: Anisa Tri K |

Pospapua.com, Jakarta –Google Play Store telah menghapus dua aplikasi Android jahat yang telah diinstal lebih dari 1,5 juta kali. Aplikasi “sampah” dimaksud merupakan aplikasi foto selfie.

Dilansir dari phone arena, Minggu (22/9), aplikasi Sun Pro Beauty Camera dan Funny Sweet Beauty Selfie Camera disinyalir menghasilkan uang dengan menjalankan iklan pop-up setiap kali seseorang mengklik iklan.

Selain itu, kedua aplikasi ini juga dapat menguras baterai ponsel penggunanya. Penemuan cara curang kedua aplikasi ini, pertama kali ditemukan oleh perusahaan keamanan seluler, Wandera.

Sesaat setelah diinstal, Sun Pro Beauty Camera bekerja keras untuk menutup iklan layar penuh bahkan jika aplikasi tidak terbuka. Funny Sweet Beauty Selfie Camera juga menayangkan iklan layar penuh, tetapi hanya setelah foto diunduh menggunakan aplikasi.

Segera lakukan penghapusan, jika Anda menginstal salah satu dari kedua aplikasi ini. Karena, sesaat setelah Anda menginstalnya, ikon aplikasi akan menghilang dari laci aplikasi saat pintasan dibuat. Bahkan, jika Anda menghapus pintasan, aplikasi tetap menayangkan iklan di latar belakang.

Google Play Store sudah memberikan peringatan dini kepada pengguna Android. Seperti yang dilaporkan Phone arena, salah satu penggunanya memberikan ulasan, “Sampah, tolong jangan mengunduh aplikasi ini. Ini hanya iklan, itu saja, tidak ada yang lain.” Ulasan lainnya menyampaikan keluhan serupa.

“Saya tidak dapat menemukan sesuatu yang berguna dan iklan. Mereka ada di semua tempat.” Dikabarkan, dua aplikasi foto selfie ini kini telah dihapus dari Google Play Store.(Asi/PS/INI Network)

Baca Juga:

Kelebihan dan Kekurangan Spotify Lite

hamim

Petualangan Seru Bossman dengan Gangster

hamim

Hutan Biuk, Sumber Kehidupan Masyarakat Kampung Naga

hamim

Leave a Comment