Pospapua.com
Wapres RI, Jusuf Kalla. (foto: ant)
Nasional

Gempa Banten, Wapres : Saya Belum dapat Laporan

Oleh : Rudi Hasan

Pospapua.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku belum menerima laporan masuk dari Kementerian Sosial, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, maupun Badan Nasional Penanggulangan Bencana, terkait gempa 6,9 magnitudo di Banten.

“Saya belum dapat laporannya, karena baru semalam. Pasti itu ditangani juga dengan baik, prosedurnya ada,” kata JK di Sumbawa, seperti dikutip dari Antara, Sabtu, (3/8).

Pemerintah, kata dia, tak akan tinggal diam dan menyikapi bencana ini dengan tanggap. Melalui perwakilan di daerah, ada prosedur yang dilakukan untuk memberikan bantuan.

JK memastikan Palang Merah Indonesia (PMI) turun tangan. “Apabila ada (korban), pemerintah akan selalu siap dan PMI akan siap membantu,” kata dia.

Kemarin, gempa berkekuatan 6,9 magnitudo mengguncang Banten pasa pukul 19.03 WIB. Pusat gempa berada di 7,54 LS dan 104,58 BT atau 147 km dari barat daya Banten dengan kedalaman 10 km.

Pascagempa, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sempat mengumumkan potensi tsunami. Tetapi peringatan itu dicabut pukul 21.35 WIB, karena tak lagi ada potensi. Adapun akibat gempa, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten mencatat 178 bangunan rusak.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Banten Kusmayadi menyebut bangunan-bangunan itu hanya terdampak rusak ringan dan rusak sedang. Wilayah dengan banyak bangunan rusak yakni di Kabupaten Pandeglang dengan 139 bangunan rusak ringan dan satu rusak sedang.

Sementara di Kabupaten Lebak ada 31 bangunan rusak ringan dan satu bangunan rusak sedang. Terakhir di Kabupaten Serang, sebanyak enam bangunan rusak ringan dan satu rusak sedang.(PS/asi)

Baca Juga:

Bocah Perempuan Korban Trafficking, Dibawa dari Manado ke Manokwari

Nethy Dharma Somba

Vonis 1 Tahun Penjara untuk Ahmad Dhani

Nethy Dharma Somba

KRL Rute Bogor Hanya Sampai Cilebut

hamim

Leave a Comment