Pospapua.com
Situasi di Bandara Wamena saat kerusuhan, Senin (23/9). (foto : istimewa)
News

Gara-Gara Hoaks, Demo Tolak Rasisme Pecah di Wamena

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Wamena – Demonstrasi tolak rasisme yang digelar di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Senin (23/9) berlangsung anarkis. Sejumlah kendaraan motor milik warga dilaporkan dibakar massa hingga menimbulkan keresahan.

Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Albert Rodja saat dikonfirmasi di Jayapura, Senin membenarkan aksi demontrasi di Wamena. Demonstrasi itu dipicu isu rasis yang diucapkan seorang guru di wilayah tersebut, pada pekan lalu.

“Minggu lalu ada isu seorang guru mengeluarkan kata-kata rasis, sehingga sebagai bentuk solidaritas mereka melakukan aksi, pagi ini,” kata Rodja usai membubarkan mahasiswa di Auditorium Uncen Jayapura.

Rodja menjebut, aksi demonstrasi telah dilokalisir oleh personel bawah kendali operasi (BKO) Brimob yang diperbantukan mengamankan wilayah Jayawijaya.  Bupati Jayawijaya John R Banua pun sudah mendekati massa supaya tidak melakukan tindakan anarkis.

“Unjukrasa sudah dilokalisir oleh Brimob, kemudian Bupati Jayawijaya juga sudah mendekati massa agar tidak anarkis,” tuturnya.

Berdasarkan laporan, Rodja menyebut ada empat sepeda motor yang dibakar. Sementara  terkait informasi pembakaran bangunan dan fasilitas publik lainya, Rodja mengaku belum menerima laporan.

“Laporan terakhir empat motor yang dibakar, yang lain belum,” terang Rodja saat disinggung pengrusakan Bandara Wamena oleh massa.

Soal pemicu aksi demonstrasi itu, Rodja menyatakan, pihak kepolisian setempata telah menemui guru yang dituding mengeluarkan ucapan rasis. Dari hasil konfirmasi, guru tersebut menyatakan tidak pernah mengeluarkan kata-kata rasis.

“Guru tersebut sudah kami konfirmasi bahwa dia tidak pernah mengeluarkan kata-kata rasis. Jadi kami berharap masyarakat Wamena dan Papua tidak mudah terprovokasi oleh berita-berita hoaks yang belum tentu kebenarannya,” harapnya. (Asi)

Baca Juga:

Hari Musik Nasional Diiringi Kaset Kusut RUU Permusikan

hamim

Seknas Prabowo-Sandi Bakal Didirikan di Jatim

Firman

PHBI : Kesiapan Salat Ied di Papua Sudah 90 Persen

Syaiful

Leave a Comment