Pospapua.com
Gempa Banten pada Jumat (2/8) malam menyebabkan 4 orang meninggal dan 223 rumah rusak.(Foto: ant)
Nasional

Empat Orang Meninggal dalam Gempa Banten

Oleh : Rudi Hasan

Pospapua.com, Jakarta – Gempa berkekuatan 6,9 magnitudo yang melanda kawasan Banten menyebabkan empat orang meninggal. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat mereka meninggal karena panik ingin menyelamatkan diri dan serangan jantung.

“Dua orang berada di Kabupaten Lebak dan dua orang di Kabupaten Sukabumi. Selain itu, empat orang mengalami luka-luka,” kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Agus Wibowo di Jakarta, Sabtu, (3/8).

Rumah yang terdampak juga mencapai lebih dari 200 unit. Catatan BNPB, yang terdampak terdiri atas 223 rumah, empat fasilitas ibadah, satu kantor desa, dua fasilitas pendidikan dan bangunan lain. Agus menyebut banyak dari bangunan yang terdampak memiliki struktur kurang bagus. “Kalau yang strukturnya bagus tidak terpengaruh,” kata dia.

Kemarin, gempa berkekuatan 6,9 magnitudo mengguncang Banten pasa pukul 19.03 WIB. Pusat gempa berada di 7,54 LS dan 104,58 BT atau 147 km dari barat daya Banten dengan kedalaman 10 km.

Pascagempa, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sempat mengumumkan potensi tsunami. Tetapi peringatan itu dicabut pukul 21.35 WIB, karena tak lagi ada potensi. Adapun akibat gempa, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten mencatat 178 bangunan rusak.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Banten Kusmayadi menyebut bangunan-bangunan itu hanya terdampak rusak ringan dan rusak sedang. Wilayah dengan banyak bangunan rusak yakni di Kabupaten Pandeglang dengan 139 bangunan rusak ringan dan satu rusak sedang.

Sementara di Kabupaten Lebak ada 31 bangunan rusak ringan dan satu bangunan rusak sedang. Terakhir di Kabupaten Serang, sebanyak enam bangunan rusak ringan dan satu rusak sedang.(PS/asi)

Baca Juga:

Terdapat 150 Juta Pengguna Media Sosial di Indonesia

Nethy Dharma Somba

KSAD Pertahankan Enzo sebagai Taruna Akmil  

Syaiful

Kapolri Naikkan Pangkat Tiga Polisi Korban Rusuh Papua

Syaiful

Leave a Comment