Pospapua.com
Kapolri Jenderal Tito Karnavian memberikan keterangan pers usai menjenguk anggota Polri korban kerusuhan di Papua, Kamis (5/9). (foto : Achmad Syaiful)
Headline

Dua Organisasi Pendukung Referendum Pemicu Kerusuhan di Papua

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Jayapura – Kapolri Jenderal Tito Karnavian akhirnya mengungkap dua organisasi berseberangan yang memicu kerusuhan di Papua dan Papua Barat, serta beberapa kota lain di wilayah Indonesia.

Kedua organisi itu meliputi, United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) dan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dituding bertanggung jawab atas serangkaian kerusuhan dalam unjuk rasa tolak rasisme.

“KNPB, ULMWP, dan AMP ikut bermain dalam peristiwa (kerusuhan) ini, dan saya tau mau kemana arahnya mereka bawa,” tegas Tito usai menjenguk tiga anggota Polri yang menjadi korban kerusuhan dan penembakan kelompok kriminal bersenjata di Rumah Sakit Bhayangkara Kotaraja, Kamis (5/9).

Tito berjanji akan mengejar orang-orang yang ada dalam organisasi KNPB maupun ULMWP.  “Jika kita tidak tegas menegakkan hukum kepada mereka maka situasi di Papua akan berulang lagi,” katanya.

Dia memandang, organisasi tersebut berafiliasi dalam mendesain kekacauan dalam serangkaian unjuk rasa tolak rasisme di beberapa kota di tanah air, terkhusus Papua dan Papua Barat. Bahkan Benny Wenda disebut-sebut sebagai dalang dibalik rangkaian aksi unjuk rasa ini.

Tak hanya itu, Tito menyebut telah mengetahui cara kerja Benny Wenda dan jejaringnya lewat teknologi informasi yang provokatif serta pengerahan massa di lapangan. “Kita tau Benny Wenda dan rekannya dalang dibalik ini semua. Mereka sengaja mendesain terjadinya kerusuhan ini untuk dijadikan bahan mereka bersuara meminta dukungan internasional dalam sidang PBB pada 9 September nanti,” bebernya.

Tito berencana bersama Komnas HAM serta pemerintah akan melakukan investigasi ke beberapa lokasi kerusuhan di beberapa wilayah Papua guna mengungkap aktor utama dibalik kericuhan tersebut. (Asi)

Baca Juga:

Dua Pengunjung Pantai Holtekamp Jayapura Tewas Tenggelam

Syaiful

Di Sabang Aceh, Capres Prabowo-Sandi Menang Besar

Nethy Dharma Somba

Lanud Silas Papare Tanggapi Informasi Heli TNI AU Lost Contack di Oksibil Papua

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment