Pospapua.com
Nusantara

DPT Papua Bertambah 2012 Pemilih

Oleh: Dharma Somba |

Pospapua.com, Jayapura – DPT Provinsi Papua untuk Pemilu 17 April 2019 bertambah 2012 pemilih sehingga DPT Papua menjadi 3.542.544 dari DPT awal 3.541.017 jiwa.

DPT terbaru tersebut ditetapkan melalui pleno penetapan DPTHP-3 ( Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan-3) di Hotel Grand Abe, Abepura, Jayapura, Kamis (12/4) malam.

Pleno dipimpin Ketua KPU Papua Theodorus Kossay dan dihadiri KPU dari 29 kabupaten/kota dan 16 partai politik peserta Pemilu 2019.

Tambahan 2012 suara tersebut berasal dari Kabupaten Keerom.

Komisioner KPU Keerom Hikmawan Margono menjelaskan, tambahan DPT tersebut berasal dari hasil perekaman e-KTP oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Keerom sepanjang September – November 2018 lalu.

Hasil perekaman e-KTP tersebut awalnya akan ditambahkan ke DPK (Daftar Pemilih Khusus) namun karena jumlahnya banyak maka diusulkan untuk dimasukkan ke DPT, dan akhirnya disetujui.

Jika dimasukkan ke DPK kata Margono dikhawatirkan akan ada antrian panjang di TPS, karena tambahan pemilih tersebut hanya di dua distrik Distrik  Arso Timur dan Distrik Arso  Barat, tidak seluruh distrik di Keerom. ‘’Pemilih khusus ini kan baru mencoblos setelah pemilih yang masuk DPT usai mencoblos semuanya. DPK ini baru mencoblos di atas jam 12 siang. Tetapi karena jumlahnya banyak maka diusulkan menjadi DPT untuk menghindari antrian panjang,’’ jelasnya.

Dengan adanya tambahan DPT di Kabupaten Keerom maka jumlah TPS juga ditambah di Arso Timur dan Arso Barat. ‘’Ada tambahan 6 TPS di Arso Timur dan tambahan 1 TPS di Arso Barat,’’ jelas Diana Dortea Simbiak, komisioner KPU Provinsi Papua.

Baca Juga:

Herman Asaribab, Putra Papua Kedua yang Jadi Panglima Kodam

Nethy Dharma Somba

Cipta Kondisi Pasca Pemilu, Polres Waropen Bersama Masyarakat Bakar Batu

Nethy Dharma Somba

Peredaran Ganja Marak, Kapolda Papua Prihatin

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment