Pospapua.com
Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin melepas baju seorang PNS Polda yang dipecat karena melakukan pelanggaran. Polda Papua memecat 10 anggotanya karena disersi. (humas Polda Papua)
Nusantara

Disersi, Polda Papua Pecat 10 Anggotanya

pospapua.com, Jayapura– Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin  memimpin upacara pemberhentian  tidak dengan hormat (PTDH) 10 anggota Polda Papua dan seorang  PNS, di Mapolda Papua, Jayapura, Senin (17/12).

Upacara pemecatan tersebut ditandai dengan pelepasan baju dinas serta tanda kepangkatan. Ke 10 anggota yang dipecat tersebut 1 orang berpangkat Aipda, 2 orang  briptu, 1 orang berpangkat bripka, 5 brigpol dan 1 bripda, 1 orang PNS.

‘’Sebagian besar yang dipecat ini karena melakukan disersi, meninggalkan tempat tugas dalam jangka waktu lama, ini pelanggaran yang paling berat dan tidak ada toleransi, karena kita sebagai anggota kepolisian tugasnya yakni mengayomi dan melindungi dan  melayani masyarakat. Kalau  pergi meninggalkan  tugas,  bukan anggota polisi,  itu harus kena sanksi yaitu pemecatan,’’ tegas Kapolda  Martuani.

Cara yang dilakukan Polda Papua ini diharapkan membuat efek jera bagi anggota  Polisi sehingga ke depannya personil tidak akan melakukan pelanggaran lagi. 

Selain memecat 11 personil, Kapolda Martuani juga memberikan penghargaan kepada 47 nggota Polda Papua yang dianggap berprestasi. Prestasi yang ditorehkan ke 47 personil tersebut diantaranya mampu menangkap seorang warga asing yang diduga terlibat  kejahatan terhadap negara. Orang asing tersebut kini menjalani proses persidangan di Pengadilan Negeri Wamena, Jayawijaya. 

Penangkapan orang asing ini dianggap sebagai prestasi karena baru  kali ini terjadi, sebelumnya Polda Papua belum pernah menahan orang asing yang melakukan pelanggaran hukum di wilayah kerja  Polda Papua.

Sementara personil lainnya khususnya dari Polairud Poda Papua  diberi penghargaan karena berhasil mengungkap penyelundupan narkotika dari Papua New Guinea ke Papua. 

‘’Nanti kepada anggota  yang berprestasi agar diberikan reward berupa talent scouting, jadi saya secara pribadi dan institusi  berharap rekan-rekan agar bekerja dengan maksimal dan memberikan yang terbaik,’’ harap Kapolda  Martuani. (Dharma Somba)

Baca Juga:

Kotak Suara di Sampang Dibawa Kabur, Dua Pria Diamankan

hamim

April 2019 Bandara Sentani Dikelola PT Angkasa Pura I

Nethy Dharma Somba

400 Rumah di Perumahan Gajah Mada masih Terendam Banjir

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment