Pospapua.com
Seorang pelajar menanam bibit bakau di Pantai Apainabo, Waropen, untuk mencegah abrasi, Jumat (15/11). (foto: Pendam Cenderawasih)
Nusantara

Cegah Abrasi, Ratusan Bibit Bakau Ditanam di Pantai Apainabo Waropen

Oleh: Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Waropen – Aparat gabungan TNI-Polri menanam ratusan bibit bakau di Pesisir Pantai Apainabo, Distrik Urei Faisei, Kabupaten Waropen, Papua, Jumat (15/11). Gerakan peduli lingkungan ini merupakan upaya untuk mencegah abrasi di kawasan tersebut.

Penanaman bibit bakau ini diikuti Kapolsek Warbah Aiptu La Rasmin, Pasiter Kodim 1709/Yawa Lettu Inf Masngudi, Bamuskam Darius Ruwartakurei, serta para tokoh adat, tokoh kampung dan para pelajar di wilayah itu.

Komandan Koramil 1709-03/Warbah, Mayor Inf A.H Widagdo mengatakan, punahnya ekosistem hutan bakau dapat mempercepat proses abrasi pantai hingga menyebabkan garis pantai akan lebih cepat bergeser ke arah daratan.

Padahal, lanjutnya, hutan bakau memiliki peranan dan manfaat yang sangat penting bagi lingkungan sekitar, khususnya bagi masyarakat pesisir. Misalnya, sebagai sumber makanan bagi beberapa jenis satwa.

“Hutan bakau dapat mencegah instrusi air laut, mencegah erosi dan abrasi pantai, sebagai pencegah dan penyaring alami, berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir, serta sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa,” terang Widagdo.

Yoselina, salah seorang warga Kampung Apainabo mengapresiasi langkah bersama TNI-Polri dalam menyelamatkan hutan bakau yang menjadi tumpuan masyarakat setempat. Sebagian besar masyarakat pun menyambut baik langkah aparat.

“Meskipun tong pu kaki (kaki kita) ini kotor dan basah, tapi tetap tarada (tidak ada) alasan buat sa (saya) dan anak-anak untuk turun ke pantai menanam bibit bakau, karena dengan menjaga kelestarian pantai ini, sama saja dengan menjaga kekayaan alam yang ada di kampung ini,” tuturnya. (Asi)

Baca Juga:

Prabowo: Putuskan Mata Rantai Korupsi dan Suap

Nethy Dharma Somba

Nelayan Diimbau Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Papua

Nethy Dharma Somba

Jelang Idul Fitri, Penjualan Tiket Kapal Pelni Meningkat 100%

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment