Pospapua.com
Waspadai kamera tersembunyi di kamar hotel. Foto: rd.com
Lifestyle

Catat, Trik Mendeteksi Kamera Tersembunyi di Kamar Hotel

Oleh: Anisa Tri K |

Pospapua.com, Jakarta – Liburan merupakan suatu yang sangat diimpikan semua orang. Namun berhati-hatilah jika Anda menginap di kamar hotel saat liburan, meskipun hotel merupakan ruangan privasi.

Tidak sedikit oknum yang menaruh kamera di beberapa titik tersembunyi. Kamera tersembunyi kecil mampu merekam siaran langsung, bahkan dalam gelap.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, berikut cara cepat dan mudah untuk menemukan kamera tersembunyi yang dipasang di kamar hotel, seperti dilansir deccanchronicle.

Langkah 1

Matikan semua sumber cahaya. Ini termasuk bola lampu, lampu tabung, pencahayaan dekoratif, dan bahkan televisi dan layar lainnya. Matikan peralatan ini, pastikan ruangan segelap mungkin.

Langkah 2

Buka kamera ponsel cerdas Anda dan arahkan ke area yang mencurigakan seperti jam, rak, barang-barang dekoratif yang ditempatkan secara aneh dan tempat lain yang dapat Anda pikirkan di mana kamera tersebut dapat disembunyikan.

Langkah 3

Cari bintik-bintik putih kecil yang memancar dari mana saja. Gerakkan kamera ke sekitar ruangan dan selengkap mungkin. Mata Anda tidak akan dapat melihat titik-titik ini, tetapi kamera smartphone akan dapat mendeteksi dengan mudah. Setiap titik yang Anda temukan dapat berupa kamera tersembunyi. Di mana pun Anda melihat titik-titik ini, selidiki dengan seksama.

Kamera tersembunyi sering dicampur dengan blasters infrared (IR) yang membantu mereka melihat dalam gelap. Cahaya IR tidak dapat dideteksi oleh mata manusia, itulah sebabnya kamera ini tidak mungkin terlihat dalam gelap dengan mata telanjang.

Kamera dapat mendeteksi cahaya dari spektrum inframerah dan karenanya dapat melihat perangkat ini dengan mudah. Ingat, keberadaan perangkat seperti itu di kamar Anda adalah bukti yang memberatkan hotel Anda. Ambil video dari perangkat seperti bukti dan segera laporkan masalah tersebut ke polisi. (PS/Asi/INI Network)

Baca Juga:

Agar Perjalanan Aman dan Nyaman, Perhatikan Etika dalam Penerbangan

Nethy Dharma Somba

5 Cara Asyik Merayakan Hari Bumi

hamim

Daqu Project: Mari Menghafal Alquran Lewat Musik

hamim

Leave a Comment