Pospapua.com
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw. (foto : istimewa)
Nusantara

Bupati Jayapura Imbau Mahasiswa Lanjutkan Kuliah

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Jayapura –  Kepulangan ribuan mahasiswa asal Papua dari berbagai kota studi di Indonesia, pascaunjukrasa anti rasisme yang berujung anakis di Papua dan Papua Barat, membuat cemas Pemerintah Kabupaten/Kota.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw langsung menyampaikan imbauan kepada seluruh mahasiswa asal Jayapura agar tetap melanjutkan kuliah di kota studi, baik di Pulau Jawa, Bali, Makassar hingga Manado.

Dia juga meminta mahasiswa tidak terprovokasi terhadap isu eksodus mahasiswa dari kota studi.  “Adik-adik mahasiswa tetap melanjutkan kuliah, dan jangan terprovokasi dengan isu-isu hoaks,” kata Mathius.

Menurutnya, tidak ada sistem pendidikan yang menjamin bahwa seluruh mahasiswa Papua yang berasal dari Kabupaten Jayapura dapat ditampung dan langsung melanjutkan perkuliahan di perguruan tinggi di Papua.

“Pemerintah Kabupaten Jayapura tidak menyediakan anggaran bagi mahasiswa Papua yang berasal dari Kabupaten Jayapura yang pulang ke Papua maupun kembali ke tempat studi sehubungan dengan permasalahan dimaksud,” tegasnya.

Mathius menambahkan, Pemerintah telah menjamin keamanan dan kenyamanan mahasiswa Papua untuk melanjutkan pendidikan di kota studi. Dia pun meminta mahasiswa agar segara melaporkan ke aparat kepolisian apabila mengalami tindakan intimidasi dalam proses belajar.  (Asi)

Baca Juga:

Balai Sungai Papua Diskusikan Normalisasi Sungai Pasca Banjir Bandang Sentani

Nethy Dharma Somba

Dilaporkan Hilang, Tim SAR Jayapura Temukan Speed Boat dan 9 Penumpangnya

Nethy Dharma Somba

Hanya dapat 3 Suara di Yalimo, Saksi Capres 02 Keberatan

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment