Pospapua.com
Wakil Wali Kota Jayapura H. Rustan Saru, MM berkesempatan mencicipi es krim sagu dari Bumkam Bersama Jopalala. (foto: faisal narwawan)
Ekonomi Kreatif

Bumkam Bersama Jopalala, Kembangkan Kuliner Es Krim Sagu

Oleh : Faisal Narwawan |

Pospapua.com, Jayapura – Bumkam (Badan Usaha Milik Kampung) Bersama Jopalala menghadirkan kuliner es krim sagu di arena festival croosborder PLBN (Pos Lintas Batas Negara) Skouw. “Sagu diolah jadi tepung dicampur kelapa dan bahan lainnya untuk pembuatan es krim ini,” jelas Febiola Mramra, Pendamping Perdesaan Ditjen Pembangunan Kawasan Perdesaan, Kemendes.

Bumkam Bersama Jopalala mendapat bantuan satu alat pembuatan es krim sagu dari Kementerian Desa Direktorat Jendral Pembangunan Kawasan Pedesaan untuk mengolah mengolah sagu menjadi es krim.

Bumkam bersama Jopalala terdiri dari 5 kampung, sebut saja Holtekamp, Skouw Yambe, Skouw Mabo, Skouw Sae  dan Kampung Mosso. Untuk pelatihan es krim oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kota Jayapura.

Febiola Mramra, selaku Pendamping Perdesaan Ditjen Pembangunan Kawasan Perdesaan, Kemendesa,  mengatakan es krim sagu ini sudah dua kali ditampilkan di festival crossborder Skouw, sementara untuk sehari-hari dijual di Distrik Muara Tami.

“Kalau usahanya, baru di Distrik Muaratami saja. Kami jual ke masyarakat melalui rumah pajang Bumkam Bersama, jadi produk di lima kampung kami jual dan pajang di situ,” ungkap  Febiola.

Dengan hanya Rp 5.000, Es krim sagu ini bisa dinikmati pengunjung festival.

Ia mengharapkan pengunjung dan masyarakat Papua yang datang di kegiatan tersebut bisa lebih mengenal es krim produk asli Papua tersebut. “Kelompok di kampung-kampung kami rangkul dan kami dorong untuk dipasarkan, ada kerajinan yang sudah diminati hotel di Jayapura, salah satunya Hotel Sahid dan Hypermart, ” tambahnya lagi.

Selain kerajinan tangan, dibawa Kemendesa pihaknya juga melakukan budi daya lele di kampung-kampung. “Ya itu sistemnya bioflok jadi pake terpal karet bundar yang diisi air, kami,suplai ke sana, ke Hypermart” tutup Febi Pendamping Kawasan Perdesaan ini. (nds)

Baca Juga:

FOTO: Wanita Hebat dari Aceh, Pengrajin Timah Pemberat Jala

Syaiful

Tingkatkan Kemandirian dan Kemampuan Usaha, Pertamina Rangkul UMKM di Papua

Nethy Dharma Somba

Risma Diakui WMF Sukses Daur Ulang Sampah Plastik

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment