Pospapua.com
Petugas dari BPOM memeriksa masa kadaluarsa produk yang dijual. (hasibuan aman)
Nusantara

BPOM Temukan Masih Banyak Barang Kedaluarsa Dijual

Oleh: Faisal Narwawan|

Pospapua.com, Jayapura – Kepala Bidang Pemeriksaan BPOM Jayapura  Dyah Ariyani Yuningsih, mengatakan, sejak April lalu pemeriksaan  terhadap bahan makanan telah dilakukan di Kota dan Kabupaten Jayapura.

“Setiap Jumat kami laporkan ke pusat hasil dari pengawasan, pemeriksaan  sudah tahap 3, jadi masih di distributor dan di  supermarket, ke toko-toko belum, baru sebagian,”  kata Dyah Ariyani, Jumat (10/5).

Dalam intensifikasi pangan tersebut, bahan pangan kedaluarsa banyak ditemukan BPOM. “Memang kita fokus ke pangan kadaluarsa dulu, banyak sekali ditemukan,” singkatnya. Sayangnya mengenai jumlah temuan pangan kedalursa sendiri belum bisa diutarakan Dya Ariyani.

Pengawasan Balai POM ini dilakukan mengigat kebutuhan dan konsumsi bahan pangan selama ramadhan meningkat drastis.

Pemeriksaan di hari Senin dilakukan BPOM di Wilayah Kota Jayapura, sementara di hari Selasa hingga Kamis sidak dilakukan di Kabupaten Jayapura dan Keerom. ‘’Ya wajar saja, jadi kami ingin pastikan bahan pangan ini sehat dan bersih hingga ke tangan konsumen,” terangnya lagi.

Soal sidak takjil atau menu buka puasa juga sudah dilakukan BPOM Jayapura. Hanya saja jika ada temuan akan ditempuh melalui jalur sosialisasi lebih dulu.

Di dalam makanan takjil sendiri biasanya lebih sering ditemukan pewarna yang ilegal, selain formalin dan  borax.  (nds)

 

 

Baca Juga:

Pemuda Maluku M1R Amankan Shalat Ied Di Masjid Agung AL-Aqsha Sentani

Nethy Dharma Somba

Kepala Suku Alex Doga: Tidak Ada Pencabutan Gelar Adat

Nethy Dharma Somba

Kapolda Papua ajak Seluruh Anggotanya Solid Melayani Rakyat

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment