Pospapua.com
Subekti, Kepala Sub Auditorat BPK Wilayah Papua. (Hasibuan Aman)
Nusantara

BPK Periksa Pengelolaan Dana Otsus di Kabupaten Jayapura

Oleh: Hasibuan Aman |
BPK melakukan pemeriksaan awal terhadap penggunaan dana Otonomi Khusus di Kabupaten Jayapura TA 2017, 2018 dan 2019 untuk mengetahui seberapa efektif pemanfaatan dana tersebut dalam meningkatkan kesejahteraan Orang Asli Papua (OAP)
Pospapua.com, Jayapura– Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Papua melakukan pemeriksaan kinerja pelaksanaan dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua tahun 2017, 2018 dan 2019. Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan pendahuluan, hanya melibatkan satu tim dari pusat dan perwakilan BPK wilayah Papua.
Kepala Sub Auditorat BPK Wilayah Papua, Subekti usai melakukan pertemuan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura mengatakan kegiatan ini merupakan pemeriksaan pendahuluan kinerja efektivitas penggunaan dana Otsus di Pemerintah Kabupaten Jayapura.
“Kami dari BPK Papua mulai melakukan pemeriksaan kinerja dana Otsus. Pemeriksaan awal ini merupakan pengantar atau pendahuluan awal saja, sehingga pengumpulan dokumen dilakukan pada tahap ini,” kata Subekti.
Menurut Subekti, setelah pemeriksaan tahapan awal selesai dilaksanakan, nantinya aka ada pemeriksaan yang lebih detail untuk semua Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) masing-masing. Oleh karena itu, SKPD-SKPD harus menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan oleh petugas BPK selama pemeriksaan berlangsung.
“Kita lagi mengumpulkan dokumen. Jadi yang kita periksa kali ini adalah penggunaan dana dua sampai tiga tahun kebelakang yaitu tahun 2017, 2018 dan 2019. Kita periksa adalah kinerjanya,” tuturnya.
Subekti meyebutkan, pemeriksaan kinerja Otsus ini akan belangsung selama satu bulan. Sedangkan tindak lanjut dari pemeriksaan awal ini akan ditindaklanjuti setelah ini sesuai dengan tahap-tahapan sampai kepada penyusunan laporan keuangan dana Otsus.
Ia menyebutkan, pemeriksaan yang dilaksanakan guna mengidentifikasi seberapa efektif pemanfaatan dana Otsus. Subekti juga mengatakan telah mengingatkan segenap pemangku kebijakan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayapura untuk mengawal dan menggunakan dana Otsus sebaik-baiknya.
 ‘’Harapan kita tentunya penggunaan dana Otsus ini bisa efektif serta berkontribusi bagi pemberdayaan masayarakat serta kemajuan Kabupaten Jayapura. Mendorong Kabupaten Jayapura berkembang dan mandiri, karena itu penting juga bagi kita untuk menjaga dana Otsus ini agar benar-benar dimanfaatkan sebagaimana mestinya,” terang Subekti. (NDS)

Baca Juga:

BPOM Temukan Masih Banyak Barang Kedaluarsa Dijual

Nethy Dharma Somba

TNI-Polri Hadir di Papua untuk Menjaga Stabilitas Keamanan Negara

Syaiful

Pemuda Papua Diminta Jauhi Narkoba

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment