Pospapua.com
Aktivitas layanan perbankan di Kantor BNI Jayapura, Senin (2/9). (foto : istimewa)
Ekonomi

BI Papua Pastikan Layanan Perbankan di Jayapura Normal

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Jayapura – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Naek Tigor Sinaga memastikan aktivitas perbankan di Jayapura berjalan normal, pasca unjuk rasa tolak rasisme yang berujung anarkis, Kamis (29/8).

“Aktivitas perbankan sudah kembali normal sejak Senin (2/9), namun untuk Bank Muamalat tidak melakukan operasional karena arahan dari kantor pusatnya untuk mengevakuasi pegawai,” kata Tigor Sinaga, Senin.

Untuk memastikan operasional perbankan berjalan normal, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua telah berkoordinasi dengan Kodam XVII/Cenderawasih untuk penyediaan pengamanan di gedung bank. “Kami sudah berkoordinasi untuk pengamanan aktivitas bank-bank,” terang Tigor.

Berdasarkan hasil koordinasi, lanjutnya, 55 personel TNI akan melakukan pengamanan aktivitas perbankan.  Misalnya di BNI KC Entrop ditempatkan 15 personil aparat keamanan, 10 aparat keamanan di Maybank cabang Jayapura, demikian juga jumlah yang sama pada Bank Mandiri Taspen cabang Abepura, BCA KCU Ruko Jayapura dan Bank Syariah cabang Abepura.

Chief Executive Officer (CEO) BNI Wilayah Papua Setiawan Jahja Adie dalam siaran pers yang diterima Pospapua.com, Senin (2/9) menyatakan sudah melayani transaksi nasabah sejak 31 Agustus.

“Pelayanan sudah kami buka dan hari ini bersama-sama Kepala Perwakilan BI Papua mengundang seluruh masyarakat Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura untuk kembali melakukan transaksi,” kata Setiawan.

BNI berkomitmen akan segera memperbaiki atau mengganti beberapa Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang rusak akibat kerusuhan. “Kami harap layanan perbankan yang dioptimalkan ini dapat mempercepat pemulihan kondisi Jayapura pasca rusuh kemarin,” tambahnya. (Asi)

Baca Juga:

OJK Sebut Bank Kecil Kesulitan Hadapi Tantangan Digital

hamim

Nama Jembatan Youtefa Tak Boleh Ditawar

Syaiful

Fadli Zon: Utang Inalum untuk Akuisisi Freeport Berisiko

Firman

Leave a Comment