Pospapua.com
Suasana pleno KPU tingkat Kota Jayapura. (bawaslu kota jayapura)
Nusantara

Berlangsung sampai Subuh, Pleno KPU Kota Jayapura Sempat Ricuh

Oleh: Faisal Narwawan |

Pospapua.com, Jayapura –– Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di tingkat Kota Jayapura pada pemilihan umum tahun 2019 dikabarkan  sempat ricuh.

Rapat pleno yang dilangsungkan di salah satu hotel Kota Jayapura itu menurut salah satu saksi dari Partai Nasdem Christo memang sempat terjadi aksi lempar kursi dan handphone saat pleno rekapitulasi suara Distrik Heram.

“Ini terjadi saat rekapitulasi tingkat Distrik Heram di pleno PPD , karena tidak sesuai dengan yang saksi harapkan. Karena data yang sama-sama kita kerjakan di distrik saat masuk pleno semuanya tidak sesuai, Ini kan hak konstitusi masyarakat yang kita perjuangkan kok  jadi begini,” jelasnya saat dihubungi melalui telfon genggam, Selasa (7/5) siang.

Kata dia, kericuhan terjadi sekitar  pukul 04.00  Selasa pagi.

“Cekcok lalu kita skor teman-teman muslim sahur dan saat masuk pada  setengah  7 di situ ricuh, kursi, hp dilempar ke dinding kemudian break, tapi saat ini panwas dan Panitia Pemilihan Distrik (PPD) mereka rekapitulasi ulang,” katanya lagi.

Sementara Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan pihak keamanan akan meninjau lebih lanjut kejadian tersebut.

“Tapi tidak ada yang mengganggu, mungkin kesal atau belum tidur dia, ya biasa dinamika dalam rapat pleno, saya kira wajar saja,” jelas Kapolres.

Gustav juga mengatakan tak ada laporan kerusakan terkait kejadian tersebut.

“Belum ada laporan keadaan darurat untuk peristiwa menonjol, jadi mungkin itu hal biasa terjadi di dalam rapat seperti itu,” ungkapnya.

Terkait hal ini Polres Jayapura juga akan meningkatkan pengamanan.

“Mulai hari ini saya iimbau dan sudah saya perintahkan agar areal depan hotel Aston ini tidak boleh ada kerumuman massa tanpa tujuan yang jelas, bila mana terjadi kita imbau untuk bubar kalau tidak mau kita lakukan pembubaran paksa,” katanya. (nds)

 

Baca Juga:

Jaga Damai, Polisi Turun Kampung Tebar Spirit Tolak Hoaks dan Rasisme

Syaiful

Pameran Pendidikan, Ajang Tingkatkan Kreativitas Siswa

Nethy Dharma Somba

Sembilan Gempa Susulan Terdeteksi di Maluku

Syaiful

Leave a Comment