Pospapua.com
VPN (Virtual Private Network). Foto:Ist
Tekno

Bahaya Mengintai Saat Menggunakan VPN

Oleh: Asmoro

Pospapua.com, Jakarta Ramai adanya pembatasan konten dari sejumlah media sosial seperti Instagram, Facebook, hingga aplikasi pesan WhatsApp menjadikan kesulitan mengakses konten tertentu seperti gambar maupun video.

Para pengguna media sosial pun mencoba mencari akal agar kontennya bisa sepenuhnya bisa saling berkirim pesan seutuhnya, salah satunya dengan cara menggunakan VPN (Virtual Private Network).

Oleh sebab itu kebijakan yang terjadi di negara kita baik itu kebijakan konten dan pemblokiran website oleh pemerintah, dengan menggunakan VPN akan terbuka karna VPN akan menggunakan IP yang bukan dari negara Indonesia.

Namun tanpa disadari, aplikasi VPN ternyata juga berpotensi berbahaya dan berisiko, apa saja bahayanya?

1. Rentan disusupi Malware

Mulanya, VPN bermaksud untuk menjaga perangkat dari hacker. Namun, berdasarkan studi terhadap 283 VPN, terungkap bahwa VPN gratisan rentan disusupi malware.

Studi bahkan menyebut 38 persen menunjukkan VPN yang disusupi malware.

2. Melacak Aktivitas Online Pengguna

Penggunaan VPN di tengah pembatasan akses medsos memang menyejukkan, namun, berdasarkan studi yang sama, 72 persen VPN gratisan rupanya memungkinkan pihak lain untuk mengintip aktivitas online pengguna.

Para pelacak data biasanya mengintip aktivitas online pengguna dan mengumpulkan informasi tentang si pengguna. Bisa saja, data-data tersebut dijual ke pengiklan.

3. Kecepatan Internet Berkurang

Mengutip Addictive Tips, VPN seringkali memperlambat koneksi internet penggunanya. Bahkan, kecepatan internet pengguna VPN bisa turun antara 10-25 persen.

Hal ini karena VPN berupaya menyediakan koneksi yang aman melalui proses enkripsi. Bagi kamu yang berniat streaming ataupun download, tentu kecepatan internet yang lemot sangat tidak menyenangkan. (*/dry/INI-Network)

Baca Juga:

Levi’s & Google Ciptakan Jaket Denim Generasi Kedua, Dibanderol hingga Rp3,5 Juta

Syaiful

Musim Bobol Twitter, 5 Cara Mengunci Akun dari Peretasan

hamim

Ingin Jadi Robot, Pria Ini Tanamkan Antena di Kepalanya

hamim

Leave a Comment