Pospapua.com
Ijul saat diamankan di Mapolres Jayapura Kota bersama barang bukti sabu-sabu. (foto : istimewa)
Hukum & Kriminal

Astaga, Ada Penjual Ikan Terlibat Jaringan Sabu-Sabu di Jayapura

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Jayapura – Peredaran narkoba di wilayah Ibu Kota Provinsi Papua makin memperihatinkan. Hal ini menyusul tertangkapnya seorang penjual ikan berinisial MRR alias Ijul di sebuah rumah kontrakan milik temannya kawasan Hamadi Tanjung, Distrik Jayapura Selatan, Minggu (11/8).

Dalam penangkapan itu, Tim Delta Polres Jayapura Kota menemukan barang bukti 10 paket sabu-sabu di saku celana yang dikenakannya. 10 Paket sabu -sabu itu kini telah diamankan ke Mapolres Jayapura Kota.

Kapores Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas saat dikonfirmasi, Selasa (12/8) membenarkan penangkapan tersebut. Pihaknya pun menyita 10 paket sabu-sabu siap edar dari tangan pemuda berusia 22 tahun itu.

“Yang bersangkutan masih menjalani pemeriksaan oleh penyidik Satuan Reserse Narkoba Polresta. Mudah-mudahan dapat informasi baru,” katanya.

Penangkapan terhadap Ijul merupakan tindak lanjut informasi masyarakat terkait peredaran sabu-sabu di Distrik Jayapura Selatan. Dalam penelusuran, anggota mendapati informasi keberadaan Ijul di rumah kontrakan temannya kawasan Hamadi Tanjung, sekitar pukul 23.00 WIT.

“Dia (Ijul) ditangkap di rumah temannya bersama barang bukti sabu-sabu yang disembunyikan dalam saku celana,”jelasnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan awal, Ijul mengaku 10 paket sabu-sabu yang disimpannya merupakan milik rekannya. Ijul sendiri mendapatkan komisi sebesar Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu untuk setiap paket sabu yang berhasil dijualnya.

“Dia ini kurir, namun akan didalami perannya karena pengakuannya mereka hanya berkomunikasi lewat ponsel,” ujar Gustav.

Polres Jayapura Kota telah mengantongi identitas teman Ijul yang diduga sebagai pemilik sabu-sabu. Sementara Ijul  terancam 12 tahun penjara sebagaimana tercantum dalam Pasal 112 ayat 2 UU Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

“Kami masih akan kembangkan karena dugaan kuat kasus ini memiliki jaringan cukup besar di kota Jayapura,” kata mantan Kapolres Jayapura ini. (asi)

Baca Juga:

KPK Geledah Rumah Mantan Sekpri Gubernur Jatim

Syaiful

Divonis 2 Tahun Penjara, Mantan Kadin Bali Menangis

Syaiful

Dalami Dugaan Penjualan Amunisi, Dua Prajurit Kostrad Dibawa ke Jayapura

Syaiful

Leave a Comment