Pospapua.com
Arab Saudi, lebaran hari ini. (istimewa)
Internasional

Arab Saudi Rayakan Idul Fitri 1440 H, 4 Juni 2019

Oleh: Azhar A Pawennay |

Pospapua, Jeddah – Perayaan Idul Fitri 2019 di Arab Saudi digelar hari ini, Selasa (4/6). Mahkamah Agung Arab Saudi menetapkan 1 Syawal 1440 H jatuh pada tanggal 4 Juni 2019.

Hal itu ditetapkan setelah Mahkamah Agung Arab Saudi meminta warganya bersama-sama melihat bulan sabit bulan Syawal pada Senin (3/6) malam, atau pada hari ke-29 Ramadhan.

Mahkamah Agung meminta siapa pun yang melihat bulan sabit dengan mata telanjang atau melalui teropong untuk melapor ke pengadilan terdekat dan mendaftarkan kesaksiannya, atau melapor kepada otoritas di wilayahnya di mana ia melihat bulan sabit. Demikian dilaporkan Saudi Press Agency (SPA).

Hasilnya, bulan sabit Syawal sudah kelihatan di sebagian wilayah Kerajaan Arab Saudi pada Senin malam (3/6). Dengan begitu, hari raya Idul Fitri 1440 H ditetapkan pada Selasa, 4 Juni 2019. Beberapa negara seperti Uni Emirat Arab (UEA), Kuwait dan negara teluk juga menyepakati hari raya Idul Fitri pada hari hari ini.

Arabnews.com melansir, beberapa negara seperti Indonesia, Pakistan, Australia, dan sebagian negara di Asia, belum melihat hilal. Dengan begitu, Idul Fitri jatuh pada hari Rabu, 5 Juni 2019.

Dengan ditetapkannya Idul Fitri pada hari ini oleh otoritas Arab Saudi, Raja Salman bersama Pangeran Muhammad bin Salman menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri ke sejumlah negara Islam.

Di Indonesia, Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H pada 5 Juni 2019. Penetapan tersebut dilakukan setelah Kemenag menggelar sidang isbat pada Senin (3/6). Kesimpulan perhitungan dengan metode rukyatul hilal.

Menag Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan, berdasarkan laporan yang disampaikan oleh 33 perukyat yang tersebar di 33 provinsi seluruh Indonesia, tidak satu pun menyatakan telah melihat hilal hingga magrib tadi.

“Maka Bulan Ramadhan tahun ini digenapkan jadi 30 hari. Artinya besok, Selasa kita masih berpuasa dan dengan demikian 1 Syawal 1440 H jatuh pada Rabu 5 Juni 2019,” kata Lukman. (Aza/nds)

Baca Juga:

Priyanka Chopra Diminta Mundur sebagai Duta UNICEF

hamim

Cuaca Panas Ekstrim di India, 45 Orang Tewas

Nethy Dharma Somba

Investigator PBB Pelanggaran HAM dalam Perang di Myanmar

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment