Pospapua.com
Petugas mengangkat kotak suara di Kampung Yanmua, Kabupaten Keerom, Papua. (ari bagus poernomo)
Nusantara

Ada Penambahan TPS, Pemilu Di Kampung Yammua Sempat Ditunda

 

Oleh: Ari Bagus Poernomo |

Pospapua.com, Keerom – Pelaksanaan Pemilu di TPS 01 Kampung Yammua, Distrik Arso Barat, Kabupaten Keerom, Papua, Rabu (17/4) sempat ditunda waktu pelaksanaannya dari yang direncanakan akan di mulai pada pukul 07.00 WIT.

Penundaan waktu pelaksanaan terjadi lantaran ada penambahan 1 TPS di Kampung tersebut yang sebelumnya hanya 5 TPS kini menjadi 6 TPS.

Salah satu Komisioner KPU setempat, Immawan Margono saat memberikan arahan kepada warga yang sudah hadir di TPS 01, menyebutkan bahwa sebelumnya pihaknya melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) menolak adanya penambahan TPS, namun karena administrasi kependudukan di TPS tambahan ini lengkap sehingga PPS memfasilitasi adanya penambahan TPS tersebut.

“Ini sudah keputusan dari KPU Pusat sehingga TPS tambahan ini dimasukan dalam daftar pemilih” katanya.

Hanya saja, di TPS tambahan ini menurutnya adalah TPS khusus sehingga pemilih di TPS tersebut hanya dapat menggunakan surat suara yang tersedia saja.

“Oleh karena itu TPS 6 adalah TPS daftar pemilih khusus yang terkonsentrasi sehingga dibuatkan satu TPS. Dari keputusan KPU RI di Jakarta TPS, pemilih di TPS ini hanya bisa menggunakan 4 surat suara yaitu, Presiden, DPR RI, DPR Papua, dan  DPD sedangkan untuk DPRD Kabupaten Keerom tidak” tukasnya.

Karena menurutnya Pemilih daftar khusus adalah pemilih yang hanya bisa menggunakan hak suaranya dengam surat suara yang tersedia.

“Jadi apa yang disampaikan KPU RI itulah yang kita gunakan untuk memilih kita tidak bisa beragumentasi lagi selain dengan apa yang telah disampaikan oleh KPU RI” tandasnya.

Margono juga mengharapkan agar warga dapat memaklumi hal tersebut karena ini adalah keputusan dari KPU RI.

Pantauan Pospapua.com, hingga berita ini diturunkan pelaksanaan pemungutan suara di 6 TPS yang ada di Kampung Yammua belum dilaksanakan dan warga pun masih menunggu tanpa ada kepastian yang jelas. (nds)

Baca Juga:

PLN Siap Pasok Aliran Listrik ke Stadion Papua Bangkit

Nethy Dharma Somba

Harga Tiket Pesawat Melambung Bisa Berdampak pada Pelaksanaan PON XX di Papua

Nethy Dharma Somba

Kantor SAR Jayapura Siap Berstatus Tipe A

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment