Pospapua.com
Kapolda-Papua
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw (kiri) bersama salah seorang tokoh masyarakat Wamena. (foto : dok Humas Polda)
Headline News

Ada Lima Polres Baru di Papua, Kapolda: Pembangunan Dimulai 2020

Oleh: Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Jayapura-  Kepolisian Daerah Papua memastikan akan memiliki struktur komando baru di lima wilayahnya yang telah disetujui beberapa waktu lalu. Kelima Polres dimaksud berada di Kabupaten Yalimo, Nduga, Puncak, Intan Jaya dan Deiyai.

Kapolda Papua, Irjen Paulus Waterpauw  saat ditemui wartawan di sela-sela kegiatan di Kantor Gubernur Papa, Jumat (8/11), mengatakan, lima markas Polres tersebut rencananya akan mulai dibangun pada tahun 2020 mendatang.

“Lima Polres persiapan sudah disetujui. Saat ini dari 29 Kabupaten baru 23 Polres yang terbentuk, jadi kurang, ada usulan kita tambah lima, di antaranya, Yalimo, Nduga, Puncak, Intan Jaya dan Deiyai. Rencana tahun 2020 mulai dibangun,” kata Waterpauw.

Menurut Waterpauw, pembentukan lima Polres tersebut sangat dibutuhkan untuk mendekatkan pelayanan kepolisian kepada masyarakat.  Terbentuknya lima Polres ini diyakini dapat memudahkan kepolisian dalam mengantisipasi terjadinya konflik maupun gangguan secara cepat.

“Tujuannya yang pertama, ini karena daerah itu Pemerintahan sudah berjalan sekian tahun, sudah ada masyarakat, sehingga membutuhkan kehadiran polisi dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarkat,” terangnya.

Dia menambahkan, pembentukan lima Polres di wilayah Papua ini telah mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah setempat. Bahkan permintaan pembentukan Polres dari Pemerintah Daerah setempat telah diusulkan lama.

“Untuk membantu melayani masyarakat, menciptakan situasi keamanan yang kodusif dengan semua stakeholder yang ada, termasuk mengantisipasi pergeseran personil Polri kelima wilayah itu jika dibutuhkan,” ujar Waterpauw. (Asi)

Baca Juga:

Kapolda Papua: Anggota Polisi yang Konsumsi Miras tidak Diberikan Senjata

Nethy Dharma Somba

Gunung Merapi Jogjakarta Aktif Kembali

Nethy Dharma Somba

312 Warga Palestina Tewas Oleh Serangan Israel Selama 2018

Firman

Leave a Comment