Pospapua.com
Pengungsi dari Wamena berada di Hanggar Lanud Silas Papare, Jayapura. (foto : dok Pospapua.com)
Nusantara

98 Pengungsi Wamena Asal Jawa Barat Pulang Kampung

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Jayapura – Sebanyak 98 perantau asal Jawa Barat di Wamena akan dipulangkan ke kampung halaman, Rabu (9/10) pagi. Dari seluruh pengungsi ini, 17 orang merupakan wanita dan 6 anak-anak.

Berdasarkan data Tim Dinas Sosial Jawa Barat, 98 perantau ini terdiri dari 18 orang berasal dari Kabupaten Garut, dua orang berasal dari Kabupaten Majalengka, tujuh orang berasal dari Kabupaten Sukabumi, dan empat orang berasal dari Kota Bandung.

Kemudian, empat orang berasal dari Kabupaten Bandung, dua orang berasal dari Kabupaten Kuningan, lima orang dari Kabupaten Tasikmalaya, delapan orang dari Kabupaten Sumedang, delapan orang dari Kabupaten Subang, tiga orang dari Kabupaten Purwakarta, empat orang dari Kota Bogor, dan tiga orang dari Kabupaten Indramayu.

Ketua Posko Pengungsi Jawa Barat, M. Iriyanto Pawika, saat ditemui, mengatakan, pemulangan 98 warga Jawa Barat ini dibiayai oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Daarut Tauhiid (DT) Peduli.

Pemulangan warga Jawa Barat di Wamena ini, lanjut Iriyanto, juga atas bantuan Dinas Sosial Jawa Barat dan Jabar Quick Respons (JQR).  “Pemulangan 98 warga Jabar ini rencananya dilakukan dalam satu kloter pada Rabu (9/10) dengan bantuan biaya dari BAZNAS dan DT Peduli serta Dinsos dan Jabar Quick Respons (JQR),” terangnya.

Menurut Irianto, kepulangan puluhan perantau di Wamena ini akan disambut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama sejumlah bupati. Saat ini, dia menambahkan, 154 warga Jawa Barat masih berada di Wamena.

“Nanti mereka akan di terima oleh gubernur di kantor gubernur Jawa Barat serta dihadiri seluruh Bupati dari seluruh kabupaten Jawa Barat,” kata Irianto yang juga Ketua Paguyuban Sunda Ngumbara Provinsi Papua.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Daerah Papua, Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw memastikan situasi keamanan di wilayah Wamena, Kabupaten Jayawijaya benar-benar kondusif, pascakerusuhan 23 September lalu.

Jenderal asal Papua ini pun telah jalan kaki keliling seputar Kota Wamena, Selasa (8/10). Bahkan, Presiden Joko Widodo mengutus Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto dan beberapa menteri lainnya untuk memantau situasi terakhir Wamena.

Tak hanya itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga turut masuk dalam rombongan untuk memberikan jaminan keamanan bagi para pengungsi yang ada Wamena maupun Jayapura. (Asi)

Baca Juga:

Dukung TMMD, Pemkab Keerom Alokasikan Dana Rp 1,4 Miliar

Nethy Dharma Somba

Cerita dari TPS, Penghitungan Suara Diwarnai Meja Patah

Nethy Dharma Somba

Kapolda Papua Ajak Warga di Danau Sentani Lestarikan Lingkungan

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment