Pospapua.com
Pengungsi-Wamena
Pesawat Hercules milik TNI AU siap mendukung Hanggar Lanud Silas Papare, Rabu (2/10). (foto : Achmad Syaiful)
Nasional

8.051 Perantau Sudah Tinggalkan Wamena

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Jayapura –  Sebanyak 8.051 perantau (pengungsi) telah meninggalkan Kota Wamena, pascakerusuhan di wilayah itu pada 23 September lalu. Perantau yang berasal dari berbagai daerah ini telah berada di Jayapura.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Silas Papare, Mayor Sus Rindar Noor, Rabu (2/10) malam mengatakan, 8.051 pengungsi ini merupakan jumlah total data warga yang dievakuasi dari Wamena hingga Rabu ini.

“Total penumpang 8.051 yang sudah dievakuasi dari Wamena ke Jayapura, hingga Rabu ini,” kata Rindar Noor saat dihubungi, Rabu (2/10) malam.

Dia menyebut telah mengerahkan tiga pesawat angkut Hercules untuk proses evakuasi pengungsi dari Wamena. “Hari ini kami mengevakuasi 1.500 pengungsi dengan beberapa kali penerbangan,” terangnya.

Rindar memperkirakan jumlah pengungsi akan terus bertambah beberapa hari ke depan. Hal ini menyusul masih banyak daftar tunggu warga mengantre di Bandara Wamena dan beberapa posko pengungsian.

“Para pengungsi ini sebagian besar dijemput oleh keluarganya di Jayapura. Sementara sebagian lagi ditampung di posko pengungsian yang disediakan di Jayapura,” kata Rindar.

Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw, Rabu sore menyatakan, pihaknya  telah melakukan berbagai upaya pendekatan agar pengungsi tidak meninggalkan Wamena. Dia pun telah memastikan jaminan keamanan bagi para pengungsi.

“Mereka masih trauma, kami memahami. Namun kami berharap mereka segera kembali ke Wamena setelah merasa tenang,” tuturnya.

Berdasarkan data Lanud, kata Waterpauw, 900 pengungsi dari Wamena telah ditampung di sejumlah posko pengungsi di wilayah Sentani, Kabupaten Jayapura. “Ada 900 pengungsi yang ditampung di Jayapura untuk saat ini,” terang Waterpauw. (Asi)

Baca Juga:

Titiek Soeharto Serukan Masyarakat Indonesia Dewasa dalam Berpolitik

hamim

CEO Bukalapak Bertemu Jokowi Pagi Ini

Anjar Asmoro Heryanto

Batas Akhir Pelunasan Pembayaran Haji 15 April 2019

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment