Pospapua.com
Tim gabungan membawa bahan makanan untuk ratusan penambang emas yang belum dievakuasi di Kabupaten Pegunungan Bintang. (foto : Humas Polda)
Nusantara

700 Penambang Emas Belum Dievakuasi

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Tanah Merah – Sekitar 700 penambang emas belum bisa dievakuasi dari Kabupaten Pegunungan Bintang pascapenyerangan sekelompok masyarakat tak dikenal terhadap pendulang tradisional di Tambang Minning, Distrik Seredaya, Kabupaten Yahukimo, Papua, pada Minggu (1/9).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal saat dikonfirmasi, Sabtu (7/9) mengatakan, tim gabungan telah mengirimkan 10 longboat untuk melakukan evakuasi para korban ke daerah Kawe di Kabupaten Pegunungan Bintang secara bertahap.

“Masih proses evakuasi, jarak dari Kabupaten Boven Digoel menuju daerah Kawe yang masuk wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang dapat ditempuh selama 1 hari lebih perjalanan melalui jalur sungai,” terang Kamal.

Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Boven Digoel telah berangkat menuju tempat berkumpulnya ratusan penambang emas yang selamat dari penyerangan. Selain mengecek kondisi para penambang, mereka juga membawa bahan makanan.

”Bupati Boven Digoel, Kapolres Boven Digoel bersama Dandim 1711 bersama empat personel gabungan telah menuju Kawe menggunakan Helikopter milik TNI. Ada bahan makanan untuk para penambang,” kata Kamal.

Sebelumnya, Posko pengungsian mencatat 555 orang penambang telah ditampung di Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel, pascapenyerangan terhadap pendulang tradisional di Tambang Minning, Distrik Seredaya, Kabupaten Yahukimo, Minggu (1/9).

Dari 555 orang penambang yang ditampung Posko pengungsian,  493 pengungsi telah diserahkan kepada pihak keluarga atau Ketua Kerukunan Paguyuban. 378 pengungsi teag diserahkan pada Kamis (5/9) lalu, sedangkan  115 pengungsi diserahkan pada Jumat (6/9). (Asi)

Baca Juga:

KPU Kota Jayapura, Mulai Distribusi Logistik Pemilu

Nethy Dharma Somba

Setubuhi Anak Dibawah Umur, Laki-Laki Bejat Meringkuk di Tahanan

Nethy Dharma Somba

Banjir Bandang Memisahkan Theys Yom dengan Istri Tercinta

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment