Pospapua.com
Nasional

500 Peserta Ramaikan Kontes Bonsai Nasional

Oleh: Hari Santosa  |

Pospapua.com, Badung – Ratusan peserta dari sejumlah wilayah Indonesia meramaikan kontes bonsai nasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Badung sejak 10 November hingga 17 November 2019.

Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Badung I Ketut Sudarsana mengatakan, kontes bonsai berlangsung selama 7 hari dengan memanfaatkan area depan Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Badung.

“Kontes diikuti oleh 500 peserta yang berasal dari Surabaya, Bekasi, Semarang, Malang, Situbondo, Bondowoso, Madura, Sumbawa, Lombok dan Bali,” terang Ketut yang bertindak sebagia ketua panitia kontes.

Dewan Juri Rudy Nayoan dan Yayat Hidayat menjelaskan, kriteria penilaian dalam kontes bonsai yaitu, baik sekali, baik dan cukup. Penilaian terdiri dari beberapa tingkatan yakni, regional, madya, utama dan bintang.

Dari setiap tingkatan, lanjutnya, akan diseleksi menjadi 10 besar, selanjutnya diseleksi kembali menjadi 3 besar sampai ke tingkatan the best in class dan untuk seleksi yang terakhir yaitu the best in show.

Dia berharap kegiatan ini lebih hebat lagi dari segi kuantitas, display dan kualitas bonsai. “Support dari Pemkab Badung merupakan nafas baru bagi pecinta bonsai, melihat bonsai bukan lagi suatu hobi tetapi sudah masuk sebagai profesi dan mampu menciptakan ekonomi kreatif yang patut untuk dikembangkan,” imbuhnya. (Ari/Asi/INI Network)

Baca Juga:

Keluarga Cendana Turun Gunung Perjuangkan Kesejahteraan Rakyat

Nethy Dharma Somba

Pasca Kerusuhan di LP Siak Riau, Ratusan Napi Dipindahkan

Nethy Dharma Somba

Alasan Polisi Membubarkan Aksi Mahasiswa Papua di Bali

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment