Pospapua.com
Gubernur Papua Lukas Enembe saat diwawancarai wartawan usai coffe morning di Mapolda Papua, Rabu (11/9). (foto : Achmad Syaiful)
Nusantara

13.542 Mahasiswa Papua Kuliah di Luar, 1.037 Orang Sudah Pulang Kampung

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Jayapura – Pemerintah Provinsi Papua mencatat sebanyak 13.542 mahasiswa tengah menempuh pendidikan di perguruan tinggi luar Papua. Dari belasan ribu mahasiswa ini, 1.073 dinyatakan kembali ke Papua pascaunjuk rasa, Agustus lalu.

Gubernur Papua Lukas Enembe menyebut, 13.542 mahasiswa ini sudah termasuk penerima beasiswa dari Pemerintah Papua, Pemerintah Kabupaten maupun Pemerintah Pusat. Sebagian mahasiswa tersebut kuliah atas biaya sendiri.

“Total ada 13.542 mahasiswa kuliah di luar, mereka sudah termasuk yang dibiayai pemerintah, termasuk Pemerintah Kabupaten/kota, tetapi ada juga biaya pribadi dari orang tua masing-masing,” kata Lukas Enembe di Mapolda Papua, Rabu (11/9).

Lukas Enembe memperkirakan jumlah kepulangan mahasiswa Papua akan terus bertambah. Meski demikian, dia menyatakan kesiapannya mengembalikan mahasiswa ke kota studi asal. “Mengembalikan mereka tidak sederhana, kalau kita siapkan pesawat, tetapi mereka tidak mau, bagaimana?,” tanya Lukas.

Pemerintah Papua pun berencana akan memanggil perwakilan kelompok mahasiswa Papua dari berbagai kota studi di Indonesia untuk memberikan penjelasan alasan kepulangannya. “Sekarang kita masih jalan untuk memanggil ketua kelompok mahasiswa yang telah pulang ke Papua. Kenapa mereka pulang?,”  imbuhnya.

Kapolda Papua, Irjen Pol Rudolf Albert Rodja mencatat arus kepulangan mahasiswa asal Papua dari sejumlah kota studi mencapai 1.037 orang.  Jumlah kepulangan mahasiswa ini sesuai data keberangkatan ke Papua sejak Agustus lalu.

“Sudah 1.037 mahasiswa kembali ke Papua. Data ini yang berlangkat menggunakan transprtasi udara hingga Selasa (10/9),” kata Kapolda Papua, Irjen Pol Rudolf Albert Rodja usai coffe morning didampingi Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring, Rabu (11/9).

Menurut Rodja, jumlah arus mahasiswa ini sebagai laporan perwakilan Polda di setiap bandara. “Sejak maklumat MRP dikeluarkan dalam kurun waktu 2 hingga 3 hari masiswa mulai kembali ke Papua,” ungkapnya. (Asi)

Baca Juga:

Pengungsi Penambang Emas dari Yahukimo Bertambah

Syaiful

Sistem Pertahanan Semesta Atasi Ancaman Non Militer

Nethy Dharma Somba

Bupati Puncak Jaya akan Bangun Rumah untuk KKSB yang Menyerahkan Diri

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment