Pospapua.com
Suasana di Lapas Abepura usai penangkapan kembali 9 narapidana yang sempat melarikan diri. (humas polda papua)
Nusantara

10 Tahanan Lapas Kelas II A Abepura Kabur, 9 Orang Berhasil Ditangkap

Oleh: Ari Bagus Poernomo |  

Pospapua.com, Jayapura – Sepuluh Narapidana Lapas Kelas II A Abepura kabur dari rumah tahanan, Rabu (24/4) sekitar pukul 11.00 WIT, penyebabnya menurut Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R Urbinas bermula dari adanya keributan di dalam lapas.

“Daru laporan itu kita langsung merespon dengan personil yang ada di jajaran sekitar Abe dan 9 orang diantara sudah ditangkap oleh tim yang  dibantu masyarakat,” kata Kapolres.

Dirinya juga menuturkan saat ini pihak lapas sedang melakukan pengecekan dan dipastikan bahwa yang kabur itu hanya 10 orang saja.

“Kami akan tetap melakukan pencarian terhadap 1 orang yabg masih di luar ini” tukasnya.

Para narapidana ini kabur dengan cara memanjat pagar kawat dan merusak pagar itu menggunakan besi.

“Jadi setelah kawat itu rusak mereka panjat tembok dengan beralaskan sarung dan kain di tangannya sehingga mereka bisa kabur dari sisi kanan Lapas yang arahnya ke arah jalan raya,” jelas Kapolres.

Kapolres juga mengungkapkan bahwa ke sembilan narapidana yang kabur ini paling banyak di tangkap di sekitaran kuburan abe dan sekitara Kamkei.

Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan kelas IIA Abepura, Kornelius Rumboirusi yang dikonfirmasi mengatakan, saat ini dirinya sedang tugas luar namun pelarian 10 orang napi tersebut diketahui saat dilakukan pengecekan ulang jumlah narapidana. ‘’Jumlah tahanan yang ada di lapas tersebut sebanyak 716 orang, namun ketika dilakukan pengecekan ulang jumlah itu berkurang menjadi 715 orang,’’ jelasnya.

Dari situlah baru diketahui jika ada narapidana yang melarikan diri dari Lapas.

“Hingga kini kita belum mengetahui apa motif mereka hingga berniat melarikan diri dari Lapas. Dan rata-rata kasus yang menjerat mereka adalah kasus tindak pidana umum saja tidak ada yang kasus lain, karena mereka juga ini anak-anak muda semua. Masalah ini jangan dibesar-besarkanlah,’’ ujarnya. (nds)

 

Baca Juga:

Konflik Bersenjata di Papua, KKB Libatkan Anak-Anak

Nethy Dharma Somba

Geisler Ap, Berjuang untuk Gapai Mimpi Menuju Las Vegas

Nethy Dharma Somba

Logistik Pemilu di Papua sudah Terdistribusi ke 404 Distrik

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment